23 September, 2008

KPK 08 : Sindroma Manyingitis

sebuah sindroma baru lahir dalam dunia kedokteran negara ngukngukbicara....
sindroma yang biasanya muncul pada setiap awal masuk ke tempat kuliah...
disini penulis akan menjabarkan bagaimana sebenarnya sindroma manyingitis tersebut....

Definisi.
manyingitis berasal dari 2 kata yaitu manying dan itis... manying yang berarti manja dan itis merupakan tanda adanya peradangan. Manyingitis merupakan sebuah sindroma bukan sebuah penyakit yang sesungguhnya. jadi kalo dalam arti sebenarnya manyingitis merupakan kumpulan gejala anak manja yang muncul bila ada suatu hal yang memicunya.

Etiologi
sampai saat ini mekanisme pasti sindroma manyingitis masih belum ditemukan. tetapi faktor-faktor pemicu sindroma manyingitis ini sudah beberapa yang dapat kita ketahui. faktor tersebut adalah :
- rasa takut akan ospek yang menyiksa
- sifat manja yang berlebihan
- takut sama senior yang ngebentak-bentak
- takut sama senior karna gak bikin tugas
- rasa malas mengerjakan tugas yang diberikan panitia

Sign n symptom
Gejala yang dikeluhkan biasanya berupa penyakit-penyakit aneh yang bisa saja muncul tiba-tiba. mulai dari sakit perut, pusing, mual, jantung asma, sakit magh dengan keluhan abdomen bagian kanan(aduuuhhh kami gak bisa dibohongin dek), pegel, sampe malaise a.k.a males.... namun dari pemeriksaan fisik semua gejala yang dikeluhkan biasanya terbantah kan. inilah ciri utama sindroma manyingitis.

Diagnostik tool
Stetoskop lengkap dengan tensi meter. biasanya vital sign pasien akan normal. tetapi pulse rate akan meningkat bila Tim khusus dateng untuk nanya2. Trus biasanya pasien akan menangis ketakutan karena ketauan boong...

Tindakan penanganan
treatment awal adalah pemberian tissue therapy p.r.n. (jika diperlukan >>> saat air mata mulai mengalir). bila tangisan semakin keras berikan sedikit sentuhan manja agar pasien kembali tenang (bila pasien cwe harap dokter cwe juga yang nanganin, begitu pula sebaliknya)

Prognosis
Bila sindroma ini tetap berlanjut sampai co-ass ya terima aja nasib jadi orang tertindas. dari data epidemiologi survival rate orang manyingitis sangatlah rendah.

bila sakit berlanjut hubungi nguknguk
kalo tambah parah harap instrospeksi diri aja deh....

Tidak ada komentar: